Apa itu Bitcoin? Dan Bagaimana Asal Mulanya?


Bitcoin merupakan Mata uang Digital yang pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Mungkin konsep bitcoin ini seperti mata uang digital yang tidak memiliki bentuk fisik namun memiliki nilai jual yang cukup tinggi untuk saat ini.

Bitcoin itu sendiri memiliki kelebihan dibandingkan mata uang yang sudah banyak beredar di negara negara lainnya seperti di negara kita sendiri,Indonesia.

Kelebihannya :
  • Transaksi instan secara peer to peer.
Peer to peer itu sendiri memiliki arti bahwa Bitcoin berjalan tanpanya adanya server pusat. Server penyimpannya bersifat Desentralisasi dan Terdistribusi di bagi ke berbagai server agar untuk dapat dijalankan oleh semua orang dalam suatu jaringan.
  • Biaya Transfer yang sangat kecil.
Biaya pengiriman Bitcoin sangatlah kecil bahkan bisa gratis dan cepat. Meskipun melakukan transfernya sangat besar tetapi biaya nya pun akan tetap kecil.
  • Transfer kemana saja.
Bitcoin dapat kirim kemana saja kepenjuru dunia dalam hitungan detik. Sangat cepat dan mudah dengan mentransfer sesuai alamat address Bitcoin itu sendiri. Pengirimannya juga sangatlah simple hanya menggunakan smartphone atau PC komputer dengan jaringan internet kita dapat dengan mudah mengirimkan bitcoin ke mana saja..
  • Bitcoin tidak dikontrol oleh pihak manapun termasuk Pemerintah.
Bitcoin menggunakan database blockchain sehingga tidak dapat di kontrol oleh lembaga atau pemerintah. Seluruh transaksi dilakukan secara live terbuka sehingga orang lain dapat mengetahuinnya sehingga tidak memungkinkan untuk dipalsukan atau digandakan. 

Bitcoin juga memiliki sifat anonim sehingga orang lain tidak mengetahui dari mana atau siapa saja yang memiliki Bitcoin itu sendiri. Sehingga kita dapat melakukan transaksi tanpa memberikan indentitas ke siapapun. sehingga dapat menjaga privasi pemilik Bitcoin itu sendiri.

Komentar

Postingan Populer